-->

Ragam informasi mengenai ciri-ciri dan gejala penyakit

Tanda dan Ciri Ciri Sakit Asma Sesak Nafas

Tanda dan Ciri Ciri Sakit Asma Sesak Nafas

Penyakit asma adalah penyakit yang berhubungan dengan pernapasan. Dengan kata lain, gejala penyakit asma ini adalah dimana anda merasakan susah bernapas atau sakit di bagian paru-paru Anda. Jika seseorang mengalami penyakit asma ini, yang terjadi pada saluran pernapasan adalah membengkaknya dinding pada saluran pernapasan. Jika terjadi pembengkakan pada saluran pernapasan, maka ukuran saluran udara mengecil sehingga si penderita penyakit asma ini susah untuk bernapas. Ciri ciri sakit asma yang timbul biasanya di sertai dengan batuk-batuk, mengeluarkan bunyi pada saat bernapas. Gejala Penyakit asma ini bisa menjadi penyakit kronis yang mematikan namun juga bisa langsung di sembuhkan jika Anda sudah mengetahui gejala dan bisa di lakukan pengobatan secara langsung.

menyembuhkan asma

Tanda penyakit asma bisa berasal dari mana saja dan kapan saja. Bisa saja di picu dari lingkungan sekitar, atau keturunan. Berikut beberapa gejala penyakit asma yang terjadi. Mulai dari yang paling ringan sampai yang cukup berat. Memang tidak semua orang mengerti mengenai apa saja gejala timbulnya sakit sesak nafas atau asma ini karena dapat saja penyakit tersebut datang secara mendadak tanpa disadari sebelumnya, dan ini yang paling tidak enak karena dapat saja hal itu membuat keadaan semakin serius kalau tidak segera ditangani dengan benar karena menyembuhkan sakit asma memang tidak dapat begitu saja dilakukan dengan waktu yang cepat.

1. Sulit bernafas
Gejala penyakit asma yang pertama adalah sulit bernafas. Ini adalah ciri utama seseorang mempunyai gangguan dengan pernapasannya. Nafas Anda menjadi terlalu terburu-buru atau sesak padahal sedang tidak di tekan apa-apa. Hal ini juga bisa dikategorikan gejala penyakit asma bila Anda tiba-tiba merasakan sesak nafas. Padahal sebelumnya baik-baik saja.

2. Nyeri pada bagian dada
Seperti yang terjadi saat sulit bernapas, nyeri pada bagian dada juga menjadi gejala awal penyakit asma. Gejala ini di rasakan saat Anda ingin bernafas, atau mungkin Anda merasa baik-baik saja namun tiba-tiba Anda merasa nyeri pada bagian dada Anda. Nyeri yang terjadi juga bisa berupa perasaan tekanan pada dada Anda. Jangan remehkan nyeri Anda ini. Karena bisa saja menjadi berbahaya bagi tubuh anda.

3. Mengi
Mengi adalah gejala penyakit asma saat Anda bernafas mengeluarkan bunyi. Ini juga merupakan salah satu gejala yang cukup berbahaya. Jika Anda merasakan gejala ini, maka sebaiknya Anda langsung memeriksakan di dokter sehingga bisa langsung di atasi.

4. Mudah lelah
Jika Anda merasa mempunyai badan yang kuat namun tiba-tiba menjadi mudah lelah, maka tidak menutup kemungkinan Anda mempunyai penyakit asma. Hal ini terjadi karena oksigen dalam tubuh menurun yang dikarenakan penyempitan pada saluran pernapasan.

5. Iritasi tenggorokan
Saluran pernapasan yang menyempit di sertai lendir, membuat Anda bisa mengalami iritasi tenggorokan. Gejala penyakit asma ini terjadi dikarenakan saluran pernapasan yang tersumbat lendir.

6. Suara menghilang
Bisa dikatakan ini gejala penyakit asma yang cukup parah. Yaitu gangguan pada pita suara Anda. Sehingga Anda akan sulit untuk bicara. Bahkan kehilangan suara Anda.

7. Batuk secara terus menerus
Batuk yang terus-menerus juga bisa dikategorikan sebagai gejala penyakit asma. Hal ini dikarenakan, saat Anda batuk terus menerus, ada kemungkinan Anda akan kehabisan nafas. Dan kemungkinan lain yang terjadi adalah, saluran pernapasan Anda akan menyempit. Sehingga bisa terjadi penyakit asma.

8. Bibir dan kuku membiru
Pada tahap ini, dapat di artikan gejala yang sangat berbahaya. Jika Anda mendapati seseorang pada tahap ini, maka sebaiknya Anda segera minta bantuan tim medis. Karena hal ini bisa berakibat fatal jika di biarkan.

Jangan lupa membaca: Tanda dan ciri ciri demam berdarah

Gejala penyakit asma baik yang ringan maupun yang berat jangan Anda remehkan. Karena penyakit asma ini berhubungan langsung dengan pernapasan dan paru-paru. Sehingga bisa saja berakibat fatal pada nyawa seseorang.