-->

Ragam informasi mengenai ciri-ciri dan gejala penyakit

Tanda dan Ciri Ciri Sakit Diabetes (Penyakit Gula)

Tanda dan Ciri Ciri Sakit Diabetes (Penyakit Gula)

Seperti yang sudah di ketahui. Penyakit diabetes yang di picu karena pola hidup dan pola makan yang tidak sehat menjadi pemicu penyakit lain yang berbahaya dan mematikan pada organ tubuh yang lain. diabetes parah juga bisa menjadi pemicu penyakit komplikasi. Seperti jantung, ginjal, dan paru-paru. Ciri ciri sakit diabetes sudah banyak di temukan pada kehidupan sehari-hari sebenarnya. Hanya saja, gejala penyakit diabetes ini terkadang jarang di perhatikan sampai terjadi diabetes yang parah.

Penyakit diabetes ini pada umumnya di bagi menjadi 2. Yakni penyakit diabetes tipe 1 dan tipe 2. Tipe 1 ini biasanya di sebabkan karena tubuh tidak bisa menghasilkan insulin atau menggunakan glukosa. Hal ini di sebabkan karena sel penghasil insulin hancur karena virus tertentu. Sedangkan diabetes tipe 2 ini mempunyai kasus berbeda. Yakni tubuh masih bisa menghasilkan insulin, akan tetapi insulin yang di hasilkan tidak bisa bekerja maksimal. Hal ini biasa di sebut dengan insulin resistance.

sakit diabetes

Penyakit diabetes ini banyak terjadi dikarenakan gejala penyakit diabetes tidak banyak di ketahui. Padahal, penyakit diabetes bisa merenggut nyawa seseorang jika kita terlambat sedikit saja dalam memahami tanda diabetes ini. Berikut ini beberapa perkara yang mungkin datang sehingga harus Anda waspada:

1. Sering Merasa Lelah
Penyakit gula ini pada awalnya adalah sering kelelahan. Jika Anda sering merasa kelelahan padahal hanya melakukan sedikit gerak, maka anda perlu waspada. Bisa saja Anda mempunyai kadar gula darah yang terlalu banyak di dalam tubuh Anda. Cara mengatasinya adalah dengan olahraga teratur dan pola makan sehat.

2. Penurunan Berat Badan
Berat badan yang menurun secara drastis. Dan tidak di ketahui penyebab utamanya. Ini juga bisa di sebut sebagai sakit yang memang sulit disembuhkan dan akan memberikan efek tertentu dalam kehidupan kita.

3. Sering Merasa Haus
Hal ini di sebabkan tubuh Anda kekurangan cairan karena terlalu sering buang air kecil. Anda akan terus merasa kehausan tanpa tahu sebab pastinya. Ini juga merupakan gejala sakit yang membawa keadaan tertentu atau kencing manis.

4. Pandangan Kabur
Jika Pandangan mata anda mulai kabur, maka ini bisa di sebabkan sakit diabetes. Anda juga harus waspada. Kemungkinan besar Anda kurang makan sayur-sayuran dan buah-buahan yang mengandung banyak vitamin. Terutama vitamin A. Kurangi makanan berlemak dan perbanyak makan sayuran.

5. Warna Kulit Menjadi Gelap
Warna kulit Anda akan menjadi gelap pada bagian tubuh tertentu juga menjadi keadaan tertentu yang akan membawa kita pada situasi tidak menentu dan merasakan sakit dalam jangka panjang. Yaitu di sekitar leher. Hal ini di sebabkan insulin yang di respon oleh tubuh menghasilkan pigmen warna kulit tertentu.

6. Luka Susah Sembuh
Susahnya kesembuhan luka ini juga merupakan hal yang perlu kita waspada karena mungkin sebagai tanda awal dari penyakit ini. Luka yang di maksud adalah luka goresan, atau luka yang menyebabkan kulit menjadi berbekas. Namun, jika Anda menderita diabetes, luka ini akan sulit untuk kering. Sehingga sulit untuk di sembuhkan dan akan memakan waktu yang lama daripada luka pada umumnya.

7. Fungsi Syaraf Menurun
Ketika kadar gula darah Anda tinggi, tidak menutup kemungkinan akan menghambat fungsi syaraf secara maksimal. Sehingga, fungsi syaraf menurun. Hal ini juga bisa menyebabkan syaraf pusat menurun bahkan gagal. Maka dari itu, banyak penderita diabetes yang menjadi buta.


Penyakit diabetes ini juga tidak bisa Anda remehkan. Bahkan hanya karena pada awalnya menderita penyakit diabetes ringan, bisa berakibat pada kelumpuhan, kebutaan, bahkan kematian. Maka dari itu, Anda harus mengenali gejala penyakit diabetes ini sejak dini, sebelum menjadi penyakit yang mematikan bagi Anda.