-->

Ragam informasi mengenai ciri-ciri dan gejala penyakit

Tanda Ciri Ciri Penyakit Kanker Rahim dan Cara Mencegah

Tanda Ciri Ciri Penyakit Kanker Rahim dan Cara Mencegah

Bagi kaum wanita organ rahim dalam tubuh menjadi satu tempat dimana janin tumbuh. Mengingat pentingnya peran rahim bagi wanita maka diwajibkan untuk dirawat secara baik. Jangan sampai anda mengabaikan kesehatan rahim karena setiap wanita memiliki kemungkinan untuk terserang penyakit kanker rahim. Tidak banyak yang mengetahui seperti apa cara mencegah kanker rahim ini, padahal kanker rahim tergolong dalam penyakit ganas dan mematikan. Lalu apa saja gejala dari penyakit kanker rahim ini dan bagaimana cara mencegahnya?

kanker rahim

Tidak ada orang yang ingin menderita suatu penyakit yang tidak nyaman untuk dirasakan apalagi berkaitan dengan sakit dalam perut dan sebagainya untuk wanita dan pria hampir sama karena kita berusaha untuk selalu hidup sehat tentunya dengan gaya makan dan kehidupan pada umumnya, hal ini akan sama dengan keinginan mendapatkan kebaikan dari beberapa kebiasaan hidup sehingga apa yang kita lakukan akan memberikan dampak sangat baik untuk semua orang.

Berikut ini akan dijelaskan mengenai tanda sakit rahim pada perempuan dan bagaimana cara mencegahnya agar nantinya Anda kaum perempuan tidak terkena.

Berikut ini beberapa hal yang dapat dicermati:
1. Siklus Menstruasi Tidak Normal
Pada penderita kanker rahim terlihat beberapa ciri-ciri dimana siklus menstruasi tidak berjalan secara normal. Menstruasi terbilang normal jika berlangsung selama 7 -10 hari dengan intensitas bulir darah yang normal.
2. Sering Timbul Rasa Sakit di Bagian Perut
Hal penting yang dapat dilihat selanjutnya adalah sering merasakan rasa sakit hebat pada bagian perut. Tidak hanya bagian perut, rasa sakit akan menjalar ke bagian panggul. Biasanya diawali dengan rasa keram yang tak tertahankan.
3. Rasa Sakit Saat Berhubungan Badan
Untuk gejala awal dari penyakit ini akan jelas terasa saat berhubungan badan, jika merasakan sakit pada bagian pinggul segeralah cek ke dokter. Kenapa bisa terjadi, karena bagian vital pria menyentuh bagian rahim yang ditumbuhi kanker.
4. Keluarnya Cairan Berwarna Bening dan Tidak Sedap
Hal penting yang perlu diperhatikan lainnya adalah keluarnya cairan berwarna putih dan beraroma tidak sedap biasa disebut dengan nanah. Jika penderita berusia 40 tahun ke atas maka akan disertai dengan gejala anemia atau menurunnya berat badan secara drastis.


Tentu saja adanya kondisi tidak normal ini bisa dicegah dengan melakukan beberapa langkah diantaranya:
1. Menjalankan Pola Hidup Sehat
Rajin melakukan olah raga setidaknya 3 kali dalam satu minggu, dan melakukan kegiatan rutin seperti berjalan dan beristirahat secukupnya.
2. Perhatikan Pola Makan
Jangan terlalu banyak mengkonsumsi makanan yang banyang mengandung zat kimia berbahaya atau junk food.
3. Perbanyak Sayuran dengan Vitamin e
Vitamin e terkenal mampu mencegah terjadinya kanker. Perbanyak konsumsi sayuran dan buah-buahan.

4. Jangan Berganti-ganti Pasangan
Setiap dalam hubungan bisa menghindarkan Anda dari tanda awal sakit kanker rahim.
5. Perhatikan Siklus Menstruasi
Jika ada yang tidak normal dengan siklus menstruasi Anda segeralah untuk memeriksa ke dokter.
6. Rawatlah Kebersihan Area Genital
Merawat kebersihan area genital bisa menjadi satu langkah dalam mencegah datangnya hal tidak di inginkan dalam beberapa waktu mendatang.
7. Lakukan Cek Secara Rutin
Bila perlu lakukan cek secara dini dengan melakukan USG atau menggunakan tes laboratorium.


Diharapkan dengan melakukan cek secara rutin Anda bisa terhindar dari penyakit kanker rahim.
Itulah tadi beberapa materi mengenai ciri ciri penyakit kanker rahim pada wanita beserta cara pencegahannya. Penting bagi kaum wanita agar selalu menjaga kesehatan dengan melakukan pola hidup sehat dan memperhatikan pola makan. Jangan sampai pada saat terkena penyakit ini Anda baru menyadari pentingnya menjaga kesehatan tubuh. Ingat kata pepatah mencegah lebih baik daripada mengobati, peran keluarga atau suami untuk selalu melakukan perawatan secara rutin bisa menjadi satu solusi. Semoga informasi di atas dapat memberikan gambaran mengenai penyakit kanker rahim.