-->

Ragam informasi mengenai ciri-ciri dan gejala penyakit

Tanda dan Ciri Ciri Orang Sakit Depresi (Penyakit Mental)

Tanda dan Ciri Ciri Orang Sakit Depresi (Penyakit Mental)

Pada era modern dan zaman semakin susah diprediksi penderita depresi akan semakin meningkat. Banyak penyebab dari terjadinya penyakit depresi ini salah satunya adalah masalah ekonomi. Penderita penyakit mental ini pun bisa dialami oleh siapa saja tidak terbatas usia. Jika ciri ciri Penyakit Depresi tidak segera diatasi maka dampaknya akan lebih buruk bagi penderitanya. Maka dari itu jangan biarkan Anda mengalami depresi berat hanya karena masalah berat.

Tanda sakit depresi atau keterbelakangan mental bisa dilihat dari beberapa perilaku atau pola hidup. Nah, kali ini akan dijelaskan apa saja gejala dari penyakit depresi ini.

depresi

Berikut beberapa gejala sakit ini yang bisa diamati:

Menurunnya Efektifitas Dalam Bekerja
Orang yang sedang mengalami depresi biasanya mengalami penurunan dalam kualitas kerjanya. Perkerjaan yang dilakukan akan berantakan karena tidak dapat berkonsentrasi, dan nantinya hasil dari setiap pekerjaan tidak akan maksimal.

Gangguan Tidur
Gejala Penyakit Depresi yang satu ini bisa diamati dimana seseorang akan mengalami kesulitan dalam tidur. Rasa gelisah seringkali menyelimuti pikiran sehingga dirinya sulit untuk tidur walau mata dan tubuh dalam kondisi lelah.

Mudah Capek
Bagi penderita depresi atau gejalanya, maka tubuh akan terlihat cepat lelah dan selalu muncul energi negatif di dalam tubuh orang tersebut. Perasaan negatif akan membuat tubuhnya menjadi cepat lelah seperti orang sakit pada umumnya.

Hilangnya Rasa Percaya Diri
Beberapa tanda sebelumnya mungkin sudah kita ketahui, namun bisa saja terlihat jika seseorang tidak memiliki rasa percaya diri lagi. Biasanya bagi penderita depresi akan mengakui dirinya banyak kekurangan sehingga muncul rasa minder dan tidak ingin tampil dimuka umum. Pada umumnya penderita depresi akan mengurung diri di kamar.

Sensitif
Orang yang mengalami depresi akan lebih sensitif dalam segala hal. Biasanya dirinya akan mudah tersinggung, marah, curiga, sedih, dan menangis. Dengan tingkah laku tersebut biasanya orang lain disekitar akan merasa terganggu dan penderita akan berusaha mengalihkan perhatian.

Perasaan Bersalah
Penderita depresi akan memunculkan adanya kelainan mental yang merupakan gangguan tertentu sehingga patut kita waspadai karena dengan adanya kemungkinan ini bisa saja dengan rasa bersalah atau menyalahkan diri sendiri. Perasaan bersalah yang terlalu besar seringkali menghantui hatinya sehingga membuat rasa takut dan cemas. Bisa saja depresi disebabkan karena rasa kecewa terhadap satu harapan atau tindakan yang merugikan orang lain atau dirinya sendiri.

Selalu Ingin mengakhiri hidup
Tanda dari penderita depresi adalah selalu ingin mengakhiri hidupnya sendiri. Gejala Penyakit Depresi yang satu ini lebih sering terjadi karena dalam diri penderita beranggapan bahwa sudah tidak ada lagi gunanya untuk hidup.

Setelah membahas gejala depresi, berikut ini beberapa cara untuk penanganan.


Berikut ini beberapa penanganan dari Penyakit Depresi:


Melakukan olahraga
Kegiatan olahraga rutin terbukti bisa mengurangi dampak depresi. Rasa senang dan semangat dalam berolahraga bisa menjadi satu penyemangat hati si penderita.

Hibur Diri Dengan Rekreasi
Pergi ke suatu tempat yang menyenangkan dan ramai bisa menjadi terapi penderita depresi sendiri. Ajaklah untuk mengunjungi beberapa tempat wisata agar suasana hati si penderita bisa berubah menyenangkan.

Dukungan Keluarga
Satu cara untuk membantu penanganan depresi adalah membantu orang yang sedang membutuhkan. Berkumpul bersama keluarga bisa menjadi obat alami.


Itulah beberapa hal yang patut kita ketahui seputar penyakit yang satu ini karena tidak semua orang mengerti meskipun telah mendapatkan pencerahan terkait sakit tersebut sehingga apa yang diketahui sebelumnya mungkin belum cukup karena tidak ada orang yang memahami akan hal ini, semoga informasi di atas memberikan ilmu pengetahuan dalam bidang kesehatan. Jangan sampai terjadi depresi, karena penyakit ini akan sembuh jika pirbadinya bisa menenangkan orang lain dan diri sendiri.