-->

Ragam informasi mengenai ciri-ciri dan gejala penyakit

Ciri Ciri Sakit Tipes

Ciri Ciri Sakit Tipes

Ciri Ciri Sakit Tipes

Penyakit tipes atau tifus adalah jenis penyakit yang disebabkan oleh bakteri Salmonella Thypti yang masuk kedalam usus dan menjadikan infeksi serta menyebar keseluruh tubuh. Bakteri ini dapat masuk kedalam tubuhn melalui makanan atau minuman yang terkontaminasi, dan gejala penyakit tipus dapat kita lihat pada penderita yang mengalami tanda awal penyakit tersebut.

Setiap tahun, di Indonesia penderita sakit tipes memiliki angka yang cukup tinggi, hal ini terjadi karena kurangnya menjaga kebersihan baik pada makanan dan lingkungan yang mudah dijadikan perkembangbiakan bakteri Salmonella Thypti.

Beberapa ciri sakit tipes diantaranya adalah sebagai berikut:
  1. Gejala awal ditandai dengan demam tinggi pada suhu 39-40 derajat celcius, demam terjadi pada sore hari hingga malam, dan akan reda pada siang hari
  2. Nafsu makan menurun
  3. Badan lesu dan lemas
  4. Berat badan turun drastis
  5. Nyeri pada otot
  6. Sakit kepala
  7. Lidah terasa pahit, pada pinggir lidah berwarna putih su su, sedangkan bagian tengah berwarna merah terang
  8. Pencernaan tidak lancar, yaitu diare ringan atau sulit BAB
  9. Rasa sakit pada ulu hati, sebagai akibat dari hati dan limpa yang membengkak
  10. Mual dan muntah

Penyakit tipes dapat disembuhkan dengan pengobatan medis dan antibiotik yang bertujuan membu nuh bakteri penyebabnya, dan seringkali orang juga menggunakan cara alami yaitu minim kapsul serbuk cacing tanah atau bahka cacing yang dikeringkan dan ditumbuk untuk diminum.