-->

Ragam informasi mengenai ciri-ciri dan gejala penyakit

Ciri dan Tanda-Tanda Sakit Asam Urat

Ciri dan Tanda-Tanda Sakit Asam Urat

Ciri dan Tanda-Tanda Sakit Asam Urat

Penyakit asam urat menjadi salah satu keluhan sebagian besar masyarakat karena ciri ciri sakit asam urat ini dapat dengan mudah kita ketahui apabila suatu saat terkena penyakit tersebut. Siapa yang tidak mengenal sakit dengan tanda ngilu dan nyari pada bagian persendian tersebut? Asam urat terjadi karena produksi zat purin didalam tubuh terlalu tinggi, sebagai akibatnya zat purin akan mengendap dan membentuk kristal yang akan menyebabkan ngilu pada sendi.

Sebagai catatan, kadar normal asam urat untuk wanita adalah berkisar antara 2,6 sampai 6 mg/dl sedangkan untuk pria kadar asam urat normal berkisar antara 3,5 sampai 7 mg/dl. Car mengetahuinya adalah dengan melakukan test pada laboratorium.

Diantara tanda-tanda penyakit asam urat adalah sebagai berikut:
  1. Nyeri pada persendian pada saat bangun tidur dan malam hari
  2. Nyeri pada sendi sering kambuh dan berulang-ulang
  3. Rasa ngilu, linu, kesemutan, dan bengkak pada daerah yang sakit, biasanya pada kaki
  4. Nyeri sendi pada saat digerakkan

Untuk mengetahui penyebab pasti apakah anda menderita penyakit asam urat atau bukan, lebih baik segera pergi ke dokter agar dilakukan test laboratorium sehingga obat yang diberikan lebih tepat sasaran. Penyakit asam urat dapat kambuh atau datang karena beberapa makanan tertentu, sehingga untuk penderita harus menghindari pantangan atau jenis makanan tertentu yang dapat menjadi pemicu penyakit ini, misalnya kerang laut, jeroan, bayam, kangkung, pete, dll.