-->

Ragam informasi mengenai ciri-ciri dan gejala penyakit

Tanda dan Ciri Penyakit Demam Berdarah

Tanda dan Ciri Penyakit Demam Berdarah

Penyakit demam berdarah sangat berpotensi pada saat musim hujan. Karena pada saat musim hujan banyak genangan air yang menyebabkan bibit-bibit nyamuk berkembang biak. Bibit-bibit nyamuk itu kemudian menjadi nyamuk yang dewasa dan siap menyebarkan virus penyakit. Jika nyamuk-nyamuk biasa, mungkin tidak akan begitu berbahaya walaupun bekas gigitan akan menyebabkan gatal dan bentol-bentol merah. Namun bagaimana jika yang berkembang biak adalah nyamuk aedes aegipty? Bahaya yang di timbulkan adalah munculnya gejala penyakit demam berdarah yang berbahaya dan dapat mengakibatkan kematian jika tidak segera di tangani.

sakit demam

Penyakit demam berdarah bukanlah penyakit ringan yang semua orang bisa mengatasinya. Gejala Penyakit demam berdarah ini merupakan penyakit yang sudah berkembang lama sekali namun belum juga di temukan obatnya. Di indonesia menduduki peringkat kedua penderita penyakit demam berdarah setelah Brazil. Menurut data kementrian kesehatan tahun 2009-2011 jumlah kematian akibat penyakit demam berdarah di indonesia ini mencapai 1.125 kasus. Hasil dari data tersebut menjadikan indonesia menempati peringkat utama di Asia tenggara sebagai negara dengan kasus penyakit demam berdarah paling banyak. Sementara itu data dari kemetrian kesehatan indonesia pada tahun 2013 menyebutkan jumalah penderita demam berdarah di seluruh provinsi mencapai 48.905 orang.

Termasuk 376 orang diantaranya meninggal dunia. Itulah mengapa penyakit demam berdarah ini sudah sangat umum di indonesia.

Gejala penyakit demam berdarah pada umumnya hampir sama dengan gejala penyakit yang lain. hal ini menjadikan gejala penyakit demam berdarah tidak mudah di ketahui sehingga saat di tangani sudah dalam kondisi kritis. Sehingga banyak penderita yang tidak tertolong karena kelalaian dan kurangnya kepekaan pada gejala penyakit demam berdarah ini.


Berikut ini beberapa gejala penyakit demam berdarah yang wajib Anda ketahui :

1. Demam tinggi
Demam tinggi ini bisa terjadi apabila tubuh sedang tidak sehat. Namun, demam tinggi yang merupakan gejala penyakit demam berdarah ini terjadi selama 2-7 hari dan suhu badan mencapai 38-40 derajat celcius. demam tinggi ini walaupun di kompres dengan handuk basah tidak akan mengurangi panas suhu tubuhnya.

2. Nampak bintik-bintik merah
Setelah demam yang tak kunjung turun, gejala penyakit demam berdarah lainnya adalah munculnya bintik-bintik merah pada kulit. Bintik-bintik ini tidak terlalu besar. Bahkan sangat berbeda dengan gigitan nyamuk.

3. Mimisan
Ada beberapa penderita yang mempunyai gejala penyakit demam berdarah dengan hidung mengeluarkan darah kotor atau mimisan. Jika Anda menemui gejala ini, maka segera bawa si penderita ke dokter atau tim medis.

4. Muntah darah atau berak darah
Muntah darah atau berak darah juga menjadi gejala penyakit demam berdarah. Hal ini di karenakan suhu tubuh yang meningkat dan menyerang lambung.

5. Ulu hati sakit
Ulu hati atau perut bagian atas ini akan terasa sakit saat seseorang menderita gejala penyakit demam berdarah ini. Hal ini di sebabkan infeksi pada lambung.

6. Lambung pendarahan
Karena suhu tubuh yang meningkat terus menerus membuat lambung Anda panas dan bisa mengakibatkan pendarahan pada lambung. Karena hal ini lah gejala penyakit demam berdarah berupa muntah darah dan berak berdarah terjadi.

7. Tangan dan kaki berkeringat
Pada kasus yang parah, si penderita terus menerus merasa cemas dan tegang. Sehingga tangan dan kakinya berkeringat dingin.


Ketujuh gejala penyakit demam berdarah diatas semoga bisa bermanfaat bagi Anda. Sehingga Anda bisa lebih waspada lagi dan mengurangi jumlah kematian dari penyakit demam berdarah ini. Jangan lupa membaca tulisan lain dalam artikel tanda dan gejala penyakit lyme yang pernah saya tulis dalam pembahasan sebelumnya dan semoga memberikan pencerahan bagi kita semua.